Cara Menulis Artikel Menjadi SEO

Cara Menulis Artikel Menjadi SEO
Cara Menulis Artikel Menjadi SEO
Setelah konten yang sebelumnya saya publikasikan,saya berpikir-pikir tentang apa yang akan saya mau publikasikan untuk kedepannya. Ya! saya teringat tentang bagaimana cara menulis artikel menjadi SEO sehingga artikel yang kita buat tersebut tidak hanya menjadi penambah artikel di dalam blog kita,tetapi artikel tersebut dapat menjadi pemicu untuk mendapatkan pengunjung dari pencarian di google. oleh sebab itu,saya akan membagikannya kepada teman-teman semua bagaimana caranya. Berikut adalah tips nya.

1. Tentukan Kriteria Artikel/Niche yang Akan Anda Publikasikan.

Sebelum menulis artikel sebaiknya kita memikirkan kriteria artikel/niche yang akan kita buat. Sebaiknya untuk menentukan nice blog anda harus mempertimbangkan dari berita-berita terbaru sekarang ini,dan juga apa yang sering/booming di sosial media atau di dunia ini. Sehingga niche yang kita buat,apabila pas akan membentuk artikel yang berkualitas dan akan dikunjungi oleh banyak visitor. Untuk menentukan niche nya saya akan memberikan 3 tips pertanyaannya.
   
WHAT+ WHO=HOW!

 What: Apa yang akan kita buat?,apakah itu berguna bagi kita atau bagi orang lain yang kita buat tersebut? apabila tidak bermanfaat,sia-sia kita membuat artikel tersebut. Karena, artikel tersebut tidak disukai oleh pengunjung dan jarang dicari oleh pengunjung lain. Contohnya seperti, Riwayat hidup kita. Sebenarnya kita boleh membuat tentang riwayat hidup,tetapi kita harus mencari yang lebih booming,misalnya seperti,Riwayat hidup Ir. Soekarno. Maka lebih baik itu dibuat dari pada membuat riwayat hidup kita,tetapi jarang orang mencarinya.

Who: Untuk Siapa artikel tersebut dibuat? apakah bermanfaat? apakah di searching oleh kebanyakan orang?tentu saja,sebaiknya anda menekankan pada pertanyaan diatas.

How: Setelah anda mendapatkan jawaban dari 2 pertanyaan diatas,saatnya anda menentukan bagaimana cara anda mempublikasikan artikel yang anda buat kepada khalayak ramai.

2. Tulis Konten or Artikel.

Setelah kita menemukan niche yang tepat untuk blog kita,selanjutnya kita menulis konten atau artikel tentang niche yang telah kita putuskan tersebut. Pada penulisan artikel,sebaiknya kita mempertimbangkan beberapa cara seo yang sudah diberikan oleh master-master seo yang anda searching di google. Apabila kita tidak mempertimbangkannya,sia-sia rasanya membuat artikel dengan membuang-buang waktu untuk membuat artikel tersebut. Untuk itu saya akan memberikan bagaimana cara membuat konten berkualitas.

       #Buat Konten dengan Kata yang Baku

Pada saat menulis artikel,sebaiknya kita menggunakan kata-kata yang baku,sehingga akan memudahkan pengunjung dan kita dalam membaca. Dan kita juga harus menentukan ejaan yang benar. Menurut saya itulah yang seharusnya kita lakukan. Menurut saya hal ini tidak terlalu berpengaruh dalam searching,tetapi saya tetap menjadikan hal ini menjadi penting,karena apabila kata-kata baku yang kita tuliskan akan membuat pembaca menjadi senang dan tidak heran tentang apa yang kita tuliskan.

      #Tentukan Letak Keyword

Untuk hal ini,kita harus menentukan letak keyword dari niche yang kita pikirkan tadi,apakah itu dibawah diatas ataupun ditengah-tengah kalimat. Hal ini saya sampaikan apabila kita hanya meletakkan keyword sembarangan dan keyword tersebut kita ulang-ulang. Hal tersebut akan membuat artikel kita menjadi SPAM. Google menganggap artikel yang kita buat hanya keyword saja. Sebaiknya dalam menentukan letak keyword,kita harus melihat seberapa panjang artikel yang kita buat,sehingga kita dapat menyisipkan keyword dari niche yang kita tentukan tadi di dalam artikel.

      #Gunakan Efek Huruf

Untuk membuat artikel yang lebih bagus kita dapat memasukkan beberapa efek huruf seperti bold, italic, urdeline, ataupun strikethrough.Dalam penggunaanya kita harus menggunakannya untuk kata yang seharusnya menggunakan efek tersebut.

      #Masukkan Link

Dalam penulisan artikel sebaiknya kita memasukkan link tentang artikel yang kita buat sekarang ini, Dan ada artikel yang berhubungan dengan artikel yang kita buat ini. Sebaiknya kita memasukkan link tersebut ke dalam artikel yang kita buat ini. Untuk cara memasukkan link yang benar bisa anda lihat dibawah ini.

  • Pertama klik Link yang berada dibawah judul artikel anda.
  • Kemudian akan muncul Edit Link,disana ada 2 kolom,yang pertama untuk judulnya dan yang kedua untuk link yang akan anda masukkan.
  • Kemudian centang
  • Setelah itu tekan oke 
       #Gunakan Quote

Untuk hal ini,berguna untuk memisahkan artikel yang sangat penting(membuat sebuah kesimpulan di blog) sebaiknya menggunakan quote. Sehingga lebih mudah diambil maknanya. Pada penggunaan Quote ini juga dapat berfungsi sebagai " keindahan dalam penulisan artikel". Karena pada penggunaan Quote akan memunculkan perbedaan yang bagus. Seperti yang saya buat diatas.

        #Insert Image

Untuk me-insert image ke dalam blog sangatlah mudah,caranya yaitu,pertama klik gambar yang ada disebelah Link. Kemudian pilih Upload dan pilih file yang anda inginkan,kemudian tunggu foto yang anda upload tadi,ketika selesai klik add selected. Setelah itu kita memasukkan keyword kedalam foto yang kita unggah tersebut berikut adalah caranya.

  1.  Pertama,klik kanan pada gambar yang ada pada artikel anda.
  2. Pilih properties --> isikan keyword pada title text dan alt text. Contohnya adalah sebagai berikut.

Cara Menulis Artikel Menjadi SEO


Berikut adalah contoh dari cara yang saya berikan diatas. silahkan anda simak dengan seksama.


          #Isikan Label,Custom Permalink,dan Deskripsi Penelusuran




Pada tips terakhir saya memberikan 3 tips yaitu dengan mengisikan Label,custom Link,dan Deskripsi penelusuran.

  • Label
Untuk Label dapat anda lihat disamping kanan atas blog tepat dibawah tombol publikasikan or simpan. Untuk Label berfungsi untuk mengelompokkan artikel yang berjenis sama. Contohnya artikel ini Label nya misalnya Tips Blog, atau Tutorial Blog.
  • Custom Permalink atau Tautan Permanen
Pada tautan permanen ini digunakan untuk mengedit url yang akan kita publikasikan nanti,sehingga akan mempengaruhi pada pencarian Google.
  • Deskripsi Penelusuran
Pada deskripsi penelusuran,ini digunakan sebagai tempat untuk memasukkan keyword anda. Sehingga keyword yang anda buat akan terindex di Google dengan sendirinya.

yah,mungkin itu saja tentang isikan label,custom permalink,dan deskripsi penelusuran. Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat di url disini 

           #Buat 1000 Kata atau Lebih

Pada yang terakhir ini,saya sarankan,apabila anda ingin memenuhi peringkat teratas atau masuk 10 besar di Google,sebaiknya anda memilih artikel dengan durasi kata panjang,contoh nya seribu kata ataupun sangat banyak. Lebih banyak lebih baik.

PENUTUP

Dengan demikian dapat saya simpulkan,untuk membuat sebuah artikel yang seo dibutuhkan kemampuan dalam menulis,berpikir,dan mengetahui strategi dalam menciptakan artikel yang berkualitas. Dengan demikian artikel yang saya buat ini,telah berakhir disini. Sekian,saya ucapkan terima kasih.
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Putra
AUTHOR
28 December 2015 at 04:26 delete

saya baru tahu ga. karena selama ini saya susah buat artikel seo

Reply
avatar
sentra bisnis
AUTHOR
5 May 2016 at 01:17 delete

http://www.maslukis.com/2016/04/bisnis-mudah-dari-rumah-cashback.html

Reply
avatar

Silahkan Berkomentar! EmoticonEmoticon